Sunday, October 18, 2009

Riyayan Tim Siaga Jangkar Kelud

Pagi ini 18 Oktober 2009 Tim Siga Jangkar Kelud mengadakan pertemuan antar tim siaga dari 3 Kabupaten. Kegiatan yang dilakukan di Desa Pandansari, kecamatan Ngantang, kabupaten Malang dihadiri oleh 300 peserta, perwakilan dari 16 desa yang telah mendapat serangkaian pelatihan PB (Penanggulangan Bencana) dan PRB (Pengurangan Risiko Bencana).

Kegiatan tahunan ini diadakan sebagai ajang berkumpul/ bertemunya tim siaga antar kabupaten untuk mempererat kebersamaan dan meningkatkan koordinasi antar tim di 3 kabupaten. Namun tak kalah pentingnya yaitu Gladi PPGD yang dilombakan untuk masing-masing Tim. Tujuan dari gladi ini yaitu untuk mengasah kesiapsiagaan Tim Siaga Desa dalam penanganan penderita gawat darurat. Hiburan dan pembagian door prize merupakan acara puncak dalam acara Temu Tim Siaga ini. Hadiah diberikan kepada Tim Siaga yang tercepat dan benar dalam melakukan penanganan terhadap penderita gawat darurat.

Harapan ke depan, Tim Siaga Desa di 3 kabupaten ini bisa lebih sigap dan tanggap dalam melakukan penanganan bencana yang lebih baik, mendorongkan pola penanganan bencana berbasis masyarakat serta penanganan bencana yang berkesinambungan kepada pemerintah setempat. Dengan adanya peran dari semua pihak, menjadikan "Rinengkuh Kelud Hangreksa Rahayu" akan terwujud bagi kesinambungan dan keselarasan kehidupan di seputaran Kelud.

No comments:

Post a Comment